Faktor yang Mempengaruhi Harga Kayu di Batam

Seiring dengan melonjangknya permintaan akan komoditas kayu, kini para penjual kayu pun semakin menjamur. Walapun sudah banyak para penjual kayu, namun harga kayu memang tetap lumayan tinggi. Harga tersebut sangat bervariasi antara penjual yang satu dengan yang lainnya. Harga kayu di Batam pun sangat beragam. Namun, pada dasarnya harga jual mereka akan terpengaruh oleh beberapa faktor berikut ini:

  1. Jenis Kayu untuk Bahan Konstruksi
    Beberapa jenis kayu yang digunakan sebagai bahan konstruksi biasanya dibandrol dengan harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis kayu untuk bahan non-konstruksi. Beberapa jenis kayu yang biasanya digunakan untuk bahan konstruksi bangunan diantaranya adalah Kayu Jati, Kayu Merbau, Kayu Bangkire atau Yellow Balau, Kayu Kamper, Kayu Kelapa, Kayu Meranti Merah. Kayu Karet, Kayu Gelam, Kayu Ulin, dan Kayu Akasia.
  2. Jenis Kayu untuk Bahan Mebel
    Sama halnya seperti beberapa jenis kayu yang digunakan untuk bahan kontruksi bangunan, beberapa jenis kayu untuk bahan mebel pun akan dibandrol dengan harga yang relatif lebih mahal. Hal ini diakibatkan oleh kebutuhan akan jenis kayu yang berkualitas tinggi. Bahan mebel yang memiliki serat yang bagus serta memiliki kadar kekuatan yang sangat lama pasti akan memiliki harga yang lebih tinggi darpada yang jenis standar.
  3. Langka atau Tidaknya dalam Mendapatkan Kayu Tersebut
    Harga kayu di Batam juga dipengaruhi oleh faktor kelangkaan. Semakin langka jenis kayu yang tersedia, maka akan semakin mahal pula bandrol harga yang diberikan. Seiring dengan maraknya eksploitasi hutan secara besar-besaran, maka berakibat pula pada kelangkaan kayu khususnya pada beberapa jenis kayu yang memiliki nilai ekonomis tinggi.
  4. Usia Kayu yang Dijual
    Kayu yang sudah memiliki usia ratusan tahun pasti akan memiliki kualitas kayu yang sangat bagus. Oleh karena itulah, harga jualnya pun akan meroket daripada kayu biasa. Dalam pengolahannya, kayu ini biasanya digunakan untuk membuat barang-barang antik yang penjualannya pun memiliki harga yang cukup istimewa.
  5. Ongkos Kirim (Ongkir)
    Apabila anda membeli kayu pada penjual yang berlokasi jauh dengan anda, maka harga kayu pun akan ditambah dengan harga ongkir atau ongkos kirim dari wilayah penjual ke tempat anda. Oleh karena itu, apabila di wilayah anda tersedia penjual yang recommended, maka lakukan order disana agar anda dapat menghemat ongkir yang diberikan. Namun, beberapa pengusaha pun terkadang menerapkan gratis ongkir untuk kayu-kayu yang telah anda beli tersebut.

Kesimpulannya, setidaknya ada lima faktor yang mempengaruhi Harga Kayu di Batam, yaitu jenis kayu untuk kontruksi bangunan, jenis kayu untuk mebel, kelangkaan, usia kayu, dan ongkos kirim atau ongkir.